Cara menjaga kesehatan tubuh

Beberapa anggapan masyarakat yang salah dalam menjaga kesehatan

Cara menjaga kesehatan tubuh


Semua orang pasti selalu menginginkan badannya senantiasa sehat tanpa sakit atau jarang sakit agar  bisa beraktifitas, bisa menyalurkan hobby dan semua aktifitas lainnya setiap saat tanpa gangguan. Namun pemikiran seperti ini seringnya baru muncul saat seseorang tersebut mengalami sakit. 

Dan sayangnya banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan yang benar, masyarakat yang tidak paham akan alur pemeliharaan kesehatan yang benar biasanya mereka ini sangat mudah dipermainkan oleh industri obat-obatan atau jamu atau penyedia jasa kesehatan.

Beberapa perilaku  kesalahan yang dilakukan oleh masyarakat dalam menjaga kesehatan, yang biasa terbentuk tanpa sadar dan beberapa koreksinya, berikut ini kami bahas dari tahapan yang ringan hingga berat sbb :

  1. Sakit terjadi karena adanya gangguan setan, hal ini tidak benar mengingat sakit pada manusa itu disebabkan karena 4 hal : kekurangan nutrisi, cacat sejak lahir, kecelakaan, keracunan, gangguan infeksi dan penyakit degeneratif.
  2. Sakit merupakan ganjaran akibat dosa : masyarakat masih bingung yang dimaksud dosa itu dosa yang mana, lalu dengan segala ketidak pastian menganggap  ada benarnya dan ada tidaknya, namun yg benar adalah : dosa karena manusianya tidak pernah berusaha  mengerti dan mempelajari cara kerja tubuh sesuai algoritme yang telah Tuhan sematkan kepada manusia dan menerapkannya. Biasanya manusia cenderung abai akan hal ini lalu mereka tidak pernah mau belajar, tidak pernah mau membaca dan mempelajari hal ikhwal akan tubuh manusia. Masih menganggap bahwa urusan kesehatan adalah urusan ahlinya kesehatan sedangkan manusianya sendiri cukup menyerahkan nasib kesehatannya kepada orang lain yg dianggap lebih ahli, dari sini mereka ingin bebas bisa  mengumbar segala keinginannya tanpa mengetahui akibatnya seperti dalam hal : makan sesuai selera dan tanpa batas/ makan berlebihan, pesta hura-hura, merokok, memelihara kemalasan, konsumsi narkoba dsb. anggapannya ; toh kalau sakit tinggal bayar dan urusan beres namun kenyataannya banyak masalah penyakit tidak terselesaikan dengan tuntas dan berakhir dengan fatal.
  3. Obat dan jamu adalah satu-satunya alat untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit, hal ini tidak benar karena untuk menuju kesehatan yang optimal seseorang harus melakukan tindakan-tindakan lain berupa makan-minum teratur dgn menu lengkap, Olahraga, tidur, rekreasi dan berdoa.
  4. Jika sakitnya sudah parah dan tidak tertolong lagi mereka langsung dengan mudah memvonis bahwa hal ini terjadi karena sudah suratan takdir. Hal ini yang sering menjadi polemik sensitif, saat ditanya apakah ada tindakan yang salah yang menanyakan malah dianggap menyalahi kodrat, inilah puncak dari kebuntuan manusia jika mereka tidak menguasai ilmu kesehatan.

Sumber : Grup karnus

Post a Comment for "Cara menjaga kesehatan tubuh"