Tubuh Manusia Menurut Pandangan Konsep Karnus

 Tubuh Manusia Menurut Pandangan Konsep Karnus

Tubuh Manusia Menurut Pandangan Konsep Karnus

Setiap ilmu memiliki cara pandang tertentu ttg tubuh. Ada yg menganggap kumpulan dari energi, ada yg menganggap kumpulan dari elemen Tanah, Air, Api & Udara. Dan mungkin ada yg lain lagi yg saya masih blm mengetahuinya.

Namun malam ini saya akan membahas Tubuh Manusia dalam Pandangan Konsep Karnus

Bukan berarti pandangan selain Konsep Karnus ini salah ya teman2, tapi setiap sudut pandang memiliki pendekatan yg berbeda. Dan kali ini saya akan mengupas ttg pandangan Konsep Karnus. ini berdasarkan Ilmu biologi & kimia dasar waktu kita sekolah dulu. Tapi InsyaAllah saya sederhanakan.

Tubuh Manusia Menurut Pandangan Konsep Karnus

Manusia adalah kumpulan atau organisasi dari triliunan sel (60 s.d 100 triliun sel). Sel merupakan makhluk hidup terkecil dari tubuh kita. Ada sel rambut, sel kulit, sel otot, sel tulang, sel darah merah, sel darah putih, dll.

Sel-sel tersebut berkumpul membentuk jaringan. Misalnya jaringan kulit, jaringan otot, jaringan pembuluh darah, dan seterusnya. Itu adalah kumpulan sel yang sejenis, menyatu menjadi sebuah jaringan.

Dari jaringan ini kemudian membentuk organ. Kita mengenal ada organ hati, lambung, pankreas, paru-paru, dll. Organ-organ ini akan membentuk sebuah sistem, seperti sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem ekskresi, dan sebagainya. Dari beberapa sistem inilah tubuh manusia terbentuk.

Tubuh Manusia Menurut Pandangan Konsep Karnus

Kita bisa ilustrasikan seperti sebuah Negara. Misalnya Negara Indonesia adalah organisasi dari 270 juta warga lebih, mereka membentuk RT/RW, Desa, Kecamatan, Kabupaten, Propinsi hingga Kepala Negara.

Setiap warga negara memiliki kesamaan dan perbedaan. Mereka sama-sama manusia yang butuh makan, bedanya hanya pada peran fungsi dan tugasnya.

Demikian juga dengan tubuh manusia yang terdiri dari 100 triliun sel lebih, mereka sama-sama sel dan sama-sama membutuhkan makan, hanya yang membedakan adalah fungsi dan tugasnya. 

▪️Sel darah merah bertugas mengangkut makanan

▪️Sel mata untuk melihat atau menangkap cahaya

▪️Sel kulit untuk melindungi otot-otot kita, 

▪️dan seterusnya

Tubuh Manusia Menurut Pandangan Konsep Karnus

Sebagaimana sebuah Negara yang memerintah ratusan juta penduduk, mereka pasti diberikan aturan, hukum atau perundang-undangan. Mulai dari UUD 1945, Kepres, Kepmen hingga ke peraturan daerah dan aturan RT/RW.

Tubuh manusiapun sudah disematkan aturan (algoritma) oleh Sang Maha Pencipta. Aturan ini yang menjaga setiap sel, organ maupun sistem di dalam tubuh berjalan dengan baik dan harmonis.

Kita mengenal adalah sistem hormon dan enzim, sistem komuniasi syaraf, aturan apa saja yang boleh masuk ke dalam sel dan yang tidak, dan sebagainya.

Saat aturan ini tidak ditaati dan sering dilanggar, maka akan muncul kerusakan dimana-mana. Dan ini biasa kita sebut dengan penyakit.

Dalam upaya mengembalikan kesehatan tubuh, maka kita perlu memahami aturan yang telah disematkan oleh Sang Pencipta dalam tubuh kita, dan berusaha untuk mengembalikannya seperti yang seharusnya. Bukan semakin memanipulasi hingga semakin jauh dari algoritma tubuh.

Tubuh Manusia Menurut Pandangan Konsep Karnus

Syarat Manusia Sehat

Jika diibaratkan tubuh ini seperti sebuah negara, membahas syarat tubuh manusia sehat ini seperti bertanya apa syarat sebuah negara itu bisa dikatakan makmur.

Secara mendasar, kita bisa membuat parameter sederhana yakni ketika setiap warga dalam negara tersebut mampu memenuhi kebutuhan pokok atau makannya tanpa kesulitan, maka negara tersebut bisa dikatakan makmur.

Sama dengan tubuh kita, seseorang dikatakan sehat menurut pandangan Konsep Karnus adalah ketika setiap sel mendapatkan makan (nutrisi sel) dengan baik.

Untuk mengetahui apa makanan sel tubuh kita, InsyaAllah kita bahas pada pembahasan selanjutnya ya.. biar tidak terlalu panjang, ternyata kalau ditulis lumayan juga ya 😁🤭

Saya biasanya ngomong, jarang menulis. Tapi saya ingin melatih kembali jemari saya untuk menuangkan apa yg ada di pikiran.

Bagi yg dengan sabar membaca tulisan saya, saya sampaikan Terima kasih ☺️🙏

Sumber : Kelas Mandiri Karnus

Post a Comment for "Tubuh Manusia Menurut Pandangan Konsep Karnus"