Tips agar puasa ga cepat lapar

TIPS  MENJAGA AGAR RASA  KENYANGNYA BISA  BERTAHAN LAMA (TIDAK CEPAT LAPAR)

 

Tips agar puasa ga cepat lapar

Ada 2 hal yang kita rasakan saat berpuasa yaitu rasa kenyang dan rasa lapar. Tentunya agar puasa bisa berjalan dengan baik dan kondisi kesehatannya tetap terjaga maka seseorang haruslah pintar dan bijak mengkondisikan dirinya agar tetap bisa eksis, yaitu tidak merasakan rasa lapar yang  berkepanjangan.  Dan justru bisa  merasakan kenyang dalam waktu yang lebih panjang, terutama  periode sesudah sahur dan saat melakukan aktifitas hariannya.   

 

Rasa  kenyang dan lapar di dalam tubuh manusia diatur oleh hormon yang menyebabkan sensasi rasa kenyang dan lapar yaitu hormon ghrelin dan hormon leptine. Hormon Ghrelin adalah hormon yang menyebabkan sensasi rasa lapar agar tubuh segera makan, sedangkan hormon leptine adalah hormon yang menyebabkan sensasi rasa kenyang sehingga tidak ada lagi nafsu makan. 

Selain ketersediaan hormon Ghrelin dan Leptin yang cukup, ternyata jenis-jenis makanan tertentu juga mempunyai beberapa tingkatan mulai dari makanan yang membuat rasa kenyangnya singkat  (cepat lapar) dan makanan yang membuat rasa kenyangnya  bisa bertahan lama ( tidak cepat lapar). 

Berbagai jenis menu makanan dan perilaku yang  efek kenyangnya singkat (setelah makan justru cepat lapar lagi)  adalah :  

1. Yogurt rendah lemak 

2. Karbohidrat olah seperti : nasi putih, roti putih, kentang olahan dsb. 

3. Makanan yang kadar seratnya rendah 

4. Makanan berkalori dalam bentuk cair seperti minuman smoothie, milkshake, soda, boba dsb. 

5. Buah yang dikonsumsi dalam bentuk jus atau hanya dihisap cairannya saja. 

6. Sereal dengan pemanis buatan 

7.Makanan yang kandungan proteinnya rendah 

8. Kurang tidur : kurang tidur akan menyebabkan produksi Ghrelin meningkat dan leptin menurun 

9. Saat makan tanpa berpikir misal makan sambil kerja : karena tubuh tidak fokus dan tidak terprogram akan jumlah kalori makanan yang diasup. 

10. Konsumsi obat-obatan sperti jenis steroid, obat depresi/tidur dsb. 

 

Berbagai jenis menu makanan dan perilaku yang efek kenyangnya panjang ( setelah makan kenyangnya panjang dan tidak cepat lapar ). 

 

1. Coklat hitam 

2. Kacang-kacangan 

3. Keju, susu skim,  G Yogurt 

4. Buah seperti jeruk, apel dan Alpukat yang dimakan dengan cara dikunyah dan ditelan semuanya ( tidak hanya dihisap airnya saja. 

5. Kentang rebus 

6. Beras yang kaya serat , beras yang difortisikasi dengan bekatul 

7. Telur 

8. Ikan 

9. Sup atau sayur-sayuran 

10. Daging 

11., Outmeal tanpa pemanis buatan 

12. Perilaku cukup tidur 

13. Perilaku menjaga lambung tetap berfungsi baik + cukup konsumsi protein 

14. Saat makan makannya tidak cepat dan sambil berpikir makanan apa yang sedang dimakan 

15. Tidak mengonsumsi obat-obatan  

 

Jika kita sudah mengenal kedua hal diatas, maka strategi yang baik dalam menjalankan ibadah puasa adalah : Sahur dengan makan makanan yang membuat rasa kenyang bisa  bertahan lama dan berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan serta perilaku yang membuat rasa kenyangnya tidak terlalu panjang sehingga pada saat sahur masih tetap bisa mengonsumsi makanan-makanan pilihan.  

 

Beras Karnus, AG sereal, Fibroshake, Algakirei dan Algatea adalah beberapa jenis makanan yang mudah disajikan yang bisa membuat rasa kenyangnya bisa bertahan panjang dengan kondisi kesehatan yang tetap terjaga. 

 

Dan tentunya selain pandai-pandai memilih menu diatas,  niat beribadahlah yang menjadi kunci utama agar saat menjalankan ibadah puasa ini bisa menjalaninya dengan baik dan tanpa kendala.  

 

Konsep Karnus, Cara Cerdas Untuk Sehat

Post a Comment for "Tips agar puasa ga cepat lapar"