Manfaat Makan sahur bagi yang mau puasa

MANA YANG LEBIH BAIK APAKAH HARUS SAHUR ATAU TANPA SAHUR SAAT BERPUASA? 

 

Manfaat Makan sahur bagi yang mau puasa

Dalam membangun sebuah bangunan para ahli bangunan selalu mengutamakan fondasi yang kuat sebelum bangunan itu didirikan, tujuannya adalah agar saat bangunan berdiri, jika saja ada angin ribut hingga angin taufan, jika ada gempa ataupun tsunami maka bangunan itu akan tetap kokoh kuat berdiri dalam segala kondisi. 

 

Demikian juga jika kita melakukan ibadah puasa, puasa  diibaratkan seperti  mendirikan sebuah bangunan fisik dan bangunan rohani di dalam tubuh kita. Bangunan fisik adalah kondisi tubuh yang kokoh, kuat dan tidak sakit, sedangkan bangunan rohani adalah seberapa kekuatan mental kita dalam menahan berbagai godaan agar akhlaknya kuat tetap lurus di Jalan Allah. Bangunan rohani dan bangunan fisik di dalam tubuh kita keduanya saling menopang dan saling menguatkan,  tidak bisa berdiri sendiri,. Jika salah satunya lemah atau mengalami suatu gangguan maka bisa jadi Ibadah puasanya tidak akan optimal dalam mencapai kemenangan. Namun jika keduanya kuat dan kokoh maka akan membentuk menjadi manusia yang sempurna. 

 

Melakukan sahur itu ibarat merancang suatu fondasi fisik yang kuat di dalam diri manusia,  karena dari asupan  makan sahur akan menjadikan modal tubuh manusia kuat dalam berbagai hal,  mulai dari aktifitas pengadaan macam jenis makanan seperti glukosa, asam lelmak dan asam amino serta berbagai vitamin dan mineral, juga jumlah yang diperlukan untuk menempuh masa puasa selama 14 jam ke depan. Keuntungan lainnya dalam melakukan sahur adalah akan memperkecil resiko kerusakan organ lambung dari keganasan asam lambung yang hanya bisa dijinakkan dengan makanan yang mengenyangkan namun padat gizi, bukan dengan minum obat penetral asam lambung. 

 

Sahur juga menjadikan kebiasaan kita untuk bangun lebih awal, saat terbaik  untuk melakukan doa  sebagai awal dalam melakukan aktifitas sehari-hari kita agar bisa dirancang dengan jernih dan matang. Masalah seseorang malas melakukan sahur biasanya disebabkan karena kondisi perut yang masih kenyang akibat salah memilih menu makanan sesudah tarawih, malas bangun (biasanya kaum muda atau profesional yang sibuk) atau karena kekurang tahuannya tentang manfaat sahur. 

 

Sahur adalah landasan utama membangun diri manusia agar kuat, kokoh dan lancar beribadah. Lakukan sahur setiap hari dengan  minum AG sereal sebelum makan sahur untuk menjaga fungsi lambung agar optimal, makan dengan banyak protein, makanan berserat,karbohidrat dan gula yang terukur dan berbagai menu sehat lainnya. Akhiri sahur dengan konsumsi Algatea untuk menjaga kebugaran dan kelancaran sirkulasi darah.  

 

Semoga Ibadah puasa Bapak/Ibu mendapat banyak kemudahan dan kelancaran serta tetap semangat dan sukacita dalam menjalaninya. 

 

Konsep Karnus Cara Cerdas Untuk Sehat

Post a Comment for "Manfaat Makan sahur bagi yang mau puasa"