Apa itu Nicotinamide Adenine Dinucleotide

 Apa Itu NAD (Nicotinamide Adenine Dinucleotide)?

Nicotinamide Adenine Dinucleotide



Saat ini para ahli Biomolekuler dunia sedang melakukan penelitian tentang NAD, ditengarai keberadaan NAD ini akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang sehingga jika NAD-nya ini jumlahnya cukup maka seseorang akan tetap sehat hingga usia senja, bahkan bisa berumur panjang namun tanpa sakit, sebaliknya jika NAD-nya terus menurun dan berkurang maka akan banyak terjadi gangguan kesehatan, membuat harapan hidup seseorang akan semakin pendek.


NAD terdapat pada sitosol dan mitokondria di dalam sel manusia dan makhluk hidup lainnya, yang berperan sebagai pemicu loncatan elektron dalam menghasilkan energi sel. NAD adalah koenzim penting yang berpartisipasi dalam berbagai jalur metabolisme energi, termasuk glikolisis, β-oksidasi, dan fosforilasi oksidatif. Selain itu, NAD ini adalah kofaktor yang diperlukan untuk modifikasi pasca-translasi seperti ribosilasi ADP dan deasetilasi oleh poli (ADP-ribosa) polimerase (PARPs) dan sirtuins. Jadi, NAD mengatur metabolisme energi, perbaikan kerusakan DNA, ekspresi gen, dan respons stres melalui enzim-enzim ini. Pembahasan tentang NAD ini sudah disinggung oleh Bapak Iwan di Buletin Karnus edisi pertama halaman 16. Sedangkan di luar sana, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kadar NAD menurun seiring dengan penuaan dan kondisi gizi yang terganggu, seperti obesitas. Selain itu, penurunan kadar NAD terkait erat dengan perkembangan berbagai gangguan metabolisme, termasuk diabetes, gangguan katarak, pembengkakan jantung, menurunnya kerja ginjal,  penyakit hati berlemak (faty liver) dsb.


Membicarakan seluk-beluk berbagai permasalahan kesehatan, pencegahan dan pengobatannya saat ini cukup melihat bagaimana aktifitas selnya. Oleh karena itu benar bahwa Manusia yang sehat adalah manusia yang sekian triliun selnya dapat makan, sehingga dari pemikiran ini berbagai masalah kesehatan akan bisa diatasi dengan pasti.


Konsep Karnus mengupayakan agar seluruh sel di dalam tubuh manusia bisa mendapatkan makanan yang dibutuhkannya, yaitu dengan cara merekonstruksi organ lambung agar pembentukan glukosa, asam amino dan asam lemak bisa diolah sempurna oleh lambung sehingga dari sini nutrisi sel ini benar-benar bisa diasup oleh seluruh sel tubuh. Konsep Karnus juga berupaya agar sistem sirkulasi dan transportasi darah manusia bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Dari kedua hal ini jika semua selnya bisa melakukan proses produksinya dengan baik maka nilai NAD pada seluruh sel tubuh manusia akan optimal. (Sumber pustaka : Journal of Biomedical science ISSN: 1423-0127, Buletin Konsep Karnus vol. 1, Wikipedia)


Konsep Karnus Cara Cerdas Untuk Sehat

Post a Comment for "Apa itu Nicotinamide Adenine Dinucleotide"