Yuuk kita mengenal apa itu Telomer

Yuuk kita mengenal apa itu Telomer

Yuuk kita mengenal apa itu Telomer


Telomer adalah urutan basa-basa nukleotida dengan motif tertentu, tidak mengandung gen karena merupakan bagian dari segmen DNA pada ujung kromosom. Telomer ini merupakan biomarker pada proses penuaan dan ini berhubungan dengan pencapaian usia tertentu setelah dilakukan penelitian dengan melihat proses penuaaan yang terjadi pada tingkat seluler.


Telomer merupakan urutan nukleotida yang sangat spesifik, pada manusia urutannya adalah TTAGGG yang berulang ratusan bahkan ribuan kali. Pada manusia terdapat 2.000 pengulangan pada unit dasarnya. Dalam satu organisme pada jenis sel yang berbeda, jumlah pengulangan nukleotida akan berbeda oleh karena itu masa recycle setiap sel pada organ tubuh yang satu dengan organ tubuh lainnya juga berbeda.


Proses menua berhubungan dengan pemendekan telomer, Panjang telomer dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Asupan vitamin yg dikenal dapat membantu mempertahankan telomer (X., Q., 2009). Nutrisi dan pola hidup sehat sangat mempengaruhi panjang telomer (Boccardi V, Paolisso G, & Mecocci P. (2016). Ukuran panjang telomer tidak dipengaruhi oleh komposisi tubuh melainkan oleh pola hidup yang sehat. Kebiasaan buruk seperti mudah dan sering mengalami stress negatif, sering terkena gangguan penyakit infeksi baik bakteri/virus/protozoa/jamur, lingkungan yang jelek, kekurangan oksigen akibat merokok, sering mengalami kelelahan fisik, kualitas tidur yang jelek, sering terpapar dengan racun dsb akan menyebabkan Telomer yang memendek dan berhubungan dengan masa umur seseorang yang semakin pendek umur (Sulastri D., dkk 2017).


Penerapan Konsep Karnus yang meliputi pemenuhan akan ragam gizi, vitamin, antioksidan dan mineral serta pola hidup sehat dengan makan tidak berlebihan, cukup olahraga, tidak mengalami kelelahan dan pikiran senantiasa rileks (terhindar dari stress negatif) akan membuat Telomer lebih memanjang dan tidak memendek. Dengan demikian selain membuat seseorang menjadi sehat, secara teoritis Konsep Karnus bisa berperan dalam memperpanjang umur seseorang.


Konsep Karnus Cara Cerdas Untuk Sehat

Post a Comment for "Yuuk kita mengenal apa itu Telomer"