Menghadapi Pandemi Pada Bulan Ramadhan

 Menghadapi Pandemi Pada Bulan Ramadhan

Menghadapi Pandemi Pada Bulan Ramadhan



Entah sampai kapan pandemi covid-19 akan berakhir, meskipun pemberian vaksin sudah mulai diterapkan hal ini masih belum memberikan kepastian bahwa pandemi akan segera berakhir dalam beberapa bulan mendatang. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena demikian banyak dan  meluasnya penyebaran Virus covid-19 yang diperkirakan lebih dari 10% Penduduk dunia sudah terpapar virus ini (data WHO) selain itu juga karena sifat dari virus Covid-19 yang sangat mudah mengalami mutasi menyebabkan virus Covid-19 sulit diberantas dengan cepat.


Bulan suci Ramadhan tinggal beberapa minggu lagi, bagaimana daya tahan tubuh seseorang agar kuat menghadapi Pandemi? Pertanyaan ini mengingatkan bahwa dalam kondisi seseorang melakukan ibadah puasa tentu kondisi daya tahan tubuhnya berbeda dengan pada saat tidak berpuasa, namun bukan berarti kita harus menyerah. Ada beberapa cara agar saat menjalani ibadah puasa daya tahan tubuh kita tetap prima.


Berikut ini beberapa tips untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap kuat, sebagai berikut :

1. Tetap melakukan sahur dengan makan makanan bergizi, yang mudah dibentuk oleh tubuh menjadi gluthatione, karena gluthatione sangat berperan dalam menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh seseorang. AG sereal adalah salah satu pilihan tepat sebagai makanan yang mudah dibentuk menjadi Gluthatione.

2. Makan dengan gizi beragam dan berimbang, terutama banyak protein, sedikit nasi/gula/lemak dan cukup vitamin dan mineral.

3. Untuk vitamin dan mineral pelengkap, bisa diberikan Algatea sesudah sahur. Algatea boleh dicampur dengan sedikit madu.

4. Perhatikan jam tidur dan sempatkan melakukan aktifitas fisik ringan agar peredaran darah terjaga lancar.

5. Fokus pada menjalankan ibadah puasa, selama puasa dari pagi hingga sore tanamkan dalam pikiran bahwa makanan bukan hal yang utama dalam menjalani kehidupan.

6. Pikiran senantiasa positif, lakukan dengan hobby yang bermanfaat misalnya mengisi waktu luang dengan menulis, bhakti sosial, membersihkan kendaraan, alat-alat kerja, perabot rumah dsb.

7. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan 5 M : memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

8. Jika Dilakukan Vaksinasi, mohon persiapan yang baik yaitu cukup tidur, sahur/berbuka dengan makanan yang cukup gizi serta tidak melakukan aktifitas yang melelahkan

9. Mulailah dari diri sendiri, agar orang lain juga terpengaruh untuk patuh hingga akhirnya Herd Immunity bisa dicapai.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat, dan bisa menyambut dan melaksanakan ibadah bulan Ramadhan dengan penuh berkah dan penuh semangat.


Konsep Karnus Cara Cerdas Untuk Sehat

Post a Comment for " Menghadapi Pandemi Pada Bulan Ramadhan"