Sariawan di Lidah Akibat Vaksin Booster

Mau bertanya ada seorang remaja putri setelah vaksin booster mengalami sariawan di lidah, dan terasa sakit sekali. Sudah kumur dan minum at dan ag. Ketika kumur ag sakitnya lebih daripada kumur dg at. Apa penyebabnya ya pak?

Apakah memang ada efek vaksin timbul sariawan?

Apakah sdh tepat penanganan diatas?

Terima kasih

Sariawan di Lidah Akibat Vaksin Booster


Jawab :

penyebab sariawan, baik di gusi, mukosa bibir (mulut), di lidah banyak macamnya. Terlalu dini menyimpulkan bahwa sariawan dikarenakan oleh vaksin booster meskipun bisa saja dimungkinkan mengingat salah satu gejala covid yg juga paling sering dikeluhkan adalah terjadinya sariawan pd lidah sehingga memberikan gejala sulit menelan yg membuat nafsu makan menurun, namun.. sekali lagi saya katakan itu terlalu dini disimpulkan bahkan menurut saya bisa saja disebabkan oleh sebab lain. Trauma lokal, dehidrasi, kurangnya vitamin tertentu, infeksi jamur, imunitas menurun adalah beberapa hal lain yg bisa menyebabkan kondisi sariawan pd lidah.


Saran saya, sudah benar yg anda lakukan untuk berkumur dg AT tepatnya, jangan lupa konsumsi AG 2x1 serta AT 2x1, ditambah jaga higiene mulut, maka proses penyembuhan akan berlangsung relatif lebih cepat, 3-4 hari insyaAllah kondisi ini akan teratasi. Jangan lupa minum yg cukup, makan makanan yg kaya akan vitamin A & C, jaga higiene mulut (gosok gigi 3x sehari akan membantu cepatnya proses penyembuhan), dan jaga kondisi tubuh dan kesehatan secara umum.

selamat mencoba 🙏

Post a Comment for "Sariawan di Lidah Akibat Vaksin Booster"